Posted by: sinux3r | November 14, 2010

Mount USBFlash Drive GNU/Linux Ubuntu(Flash disk)

Terkadang USBFlash tidak bisa langsung ter-mount (langsung buka gitu..), tetapi kita harus menuliskan perintah manual agar dapat mengakses Flashdisk. (Di GNU/Linux Ubuntu tentunya :P).

Langkah pertama masuk terminal console.

Untuk memastikan flashdisk benar2 sudah tertancap, deteksi flashdisk kita,

sinux3r@nux-lab:~$ lsusb
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 002: ID 064e:a101 Suyin Corp. Acer CrystalEye Webcam
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 003: ID 0951:1624 Kingston Technology
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

next, buat direktori ke lokasi /media/(nama direktri/ folder)

sinux3r@nux-lab:~$ sudo mkdir /media/usb

PENTING: Ingat perintah sudo, tanpa perintah itu kita tidak mungkin membuat direktori tersebut, (tau sendiri kan alasannya ? ya krn itu polder hanya admin ato root yg bisa akses mas, kepiyo toh?).

lanjutkan perintah mounting (klu istilah saya begitu, so  klu salah koreksi yah? hehe :P)

sinux3r@nux-lab:~$ sudo mount /dev/sda1 /media/usb

catatan: untuk /dev/sda1 bisa berubah2 sesuai dengan sistem masing2, sebagai contoh, ada namanya sdb1, sdb2, dll,…

Demikian catatan singkat saya, ada kurang dan lebih mohon maaf.

Kritik saran, ide pertanyaan dipersilahkan (No SARA, no Umpatan :P). Insya Allah, saya bantu sebisa saya dan sepengetahuan ilmu yang saya dapat.

 

regards,

nux

Advertisements

Responses

  1. kalo untuk flash disk, aku yakin semua tipe flashdisk sudah terdeteksi dgn baik, jd tdk perlu menggunakan terminal untuk mount/unmount

    kalo untuk hardisk terkadang memang memerlukan terminal

  2. terima kasih koment2 nya mas…

    ini pernah saya alami dengan flashdisk yang saya gunakan mas..gak bisa detect otomatis, jadi harus manual di mounting..

    hehhe
    sering kunjung yak

  3. sory…itu yang nunjukkin sda1 tuh apaan hubungannya ya ma lsusb(lagi panik)?
    ko bisa ditulis sda1?hubungannya ke flashdisk apaan?
    hahah
    norak nih ma linux….heheh

  4. masnya ga bisa baca ya?

    catatan: untuk /dev/sda1 bisa berubah2 sesuai dengan sistem masing2, sebagai contoh, ada namanya sdb1, sdb2, dll,…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: